Sejak dulu ibu selalu bilang kalau di bulan ada kucing... dan aku percaya..

Minggu, 16 Desember 2012

Saat seseorang dijemput..

  Banyak yang bilang, saat seseorang akan segera menemui ajalnya, Tuhan memberitahu dengan berbagai cara. Ada yang diberikan firasat langsung, baik dirasakan oleh dirinya sendiri, ataupun orang-orang terdekatnya. Saat malaikat maut diberi tanda untuk mencabut nyawa manusia oleh Tuhannya, sejak berhari-hari sebelum hari yang ditentukan, mungkin ada kejadian yang entah disengaja atau tidak, memberikan pertanda.

  Ada juga yang mengatakan, bahwa sesaat sebelum meninggal, orang akan diemput oleh keluarga mereka yang sudah lebih dahulu meninggal. Entah Ibu, Ayah, Kakak, Adik, Atau anak mereka.

 Aku ingat saat-saat sebelum kakekku meninggal..

  Kakek bilang akan ada yang datang, tamu-tamu mau datang dari jauh. Nenek menyiapkan makanan seadanya untuk menyambut tamu yang dimaksud. Tapi hingga hari beranjak gelap, tamu yang dimaksud tidak kunjung datang, Nenek memutuskan akan segera tidur, tapi Kakek berkeras tidak ingin tidur dulu, barangkali saja tamunya datang. Kakek memutuskan menunggu sambil menonton televisi, nenek menemani sambil mengantuk, malam semakin larut.

  Nyaris pukul sebelas malam, diantara kantuk, Nenek mendengar suara kakek bicara, "itu, tamunya datang". Sambil menatap ke arah pintu kamar yang masih tertutup. Nenek tidak melihat siapapun yang datang, dan bahkan tidak ada yang mengetuk pintu kamar. Kakek lalu tersenyum sambil tetap memandang ke arah pintu kamar yang tertutup, lalu lama-kelamaan matanya semakin meredup, dan akhirnya sepenuhnya menutup, tapi beliau masih tersenyum.

  Kakek meninggal malam itu, dengan tenang setelah dijemput oleh sesuatu yang tak nampak oleh mata Nenek. Namun Nenek selalu percaya apa yang dikatakan Kakek. Nenek percaya malam itu Kakek dijemput oleh keluarganya yang telah terlebih dahulu meninggal. Entah siapa, namun pasti sangat berarti dalam hidup Kakek dahulu, karena kakek tersenyum saat seseorang itu datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar